Sebagaimana dimaklumi bersama, bahwa pada saat sekarang ini kurikulum 2013 masih dalam uji publik. Berikut adalah perbandingan daftar mata pelajaran kurikulum 2006 dan kurikulum 2013.
Struktur
Kurikulum 2006
|
|||||
KOMPONEN
|
ALOKASI WAKTU PERMINGGU (JP)
|
||||
KELAS
|
|||||
A. Mata
Pelajaran
|
VII
|
VIII
|
IX
|
||
1
|
Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Pendidikan
Kewarganegaraan
|
2
|
2
|
2
|
|
3
|
Bahasa Indonesia
|
4
|
4
|
4
|
|
4
|
Matematika
|
4
|
4
|
4
|
|
5
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
4
|
4
|
4
|
|
6
|
Ilmu
Penetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
|
7
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
|
8
|
Seni
Budaya
|
4
|
4
|
4
|
|
9
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan
|
2
|
2
|
2
|
|
10
|
Keterampilan/Teknologi
Informasi dan Komunikasi
|
2
|
2
|
2
|
|
B. Muatan
Lokal
|
2
|
2
|
2
|
||
C.
Pengembangan Diri
|
2*
|
2*
|
2*
|
||
Jumlah
Alokasi Waktu Perminggu
|
32
|
32
|
32
|
||
Struktur
Kurikulum 2013
|
|||||
MATA PELAJARAN
|
ALOKASI WAKTU PERMINGGU (JP)
|
||||
KELAS
|
|||||
Kelompok A
|
VII
|
VIII
|
IX
|
||
1
|
Pendidikan
Agama
|
2
|
2
|
2
|
|
2
|
Pendidikan
Pancasila dan Kewarganegaraan
|
3
|
3
|
3
|
|
3
|
Bahasa
Indonesia
|
6
|
6
|
6
|
|
4
|
Matematika
|
5
|
5
|
5
|
|
5
|
Ilmu
Pengetahuan Alam
|
5
|
5
|
5
|
|
6
|
Ilmu
Penetahuan Sosial
|
4
|
4
|
4
|
|
7
|
Bahasa
Inggris
|
4
|
4
|
4
|
|
Kelompok B
|
|||||
1
|
Seni
Budaya (termasuk Mulok)
|
3
|
3
|
3
|
|
2
|
Pendidikan
Jasmani, Olah Raga dan Kesehatan (Termasuk Mulok)
|
3
|
3
|
3
|
|
3
|
Prakarya
(termasuk muatan Lokal)
|
3
|
3
|
3
|
|
Jumlah
Alokasi Waktu Perminggu
|
38
|
38
|
38
|
||
Sumber : kemdiknas.go.id
Kompetensi: kebiasaan berpikir dan
bertindak yang merupakan perwujudan sikap, keterampilan, dan pengetahuan
yang dipelajari.
Standar Kompetensi
Lulusan: kemampuan
lulusan satuan pendidikan tertentu yang mencakup sikap, pengetahuan, dan
keterampilan.
Standar Isi: tingkat kompetensi dan lingkup
materi yang dituangkan dalam kriteria tentang
kompetensi
lulusan, kompetensi inti, kompetensi dasar mata pelajaran, dan silabus pembelajaran
yang harus dipenuhi oleh peserta didik pada jenjang dan jenis pendidikan tertentu.
Standar Proses: standar nasional pendidikan yang
berkaitan dengan pelaksanaan pembelajaran pada satuan pendidikan untuk mencapai
standar kompetensi lulusan melalui pencapaian kompetensi dasar dan kompetensi inti.
Standar
Penilaian: standar
nasional pendidikan yang berkaitan dengan mekanisme, prosedur, dan instrumen
penilaian hasil belajar peserta didik.
Kompetensi Inti: kemampuan minimal peserta didik
untuk setiap satuan pendidikan dan kelas yang tidak terikat oleh konten mata pelajaran
tertentu dan mencakup sikap, pengetahuan, dan keterampilan.
Kompetensi Dasar: kemampuan minimal peserta didik
untuk setiap mata pelajaran pada setiap kelas yang mencakup sikap, pengetahuan,
dan keterampilan terkait atau bermuatan substansi.
0 komentar:
Posting Komentar