KAWASAN BERMAKNA

SAMPURASUN.!! SALIRA LEBET DI WEWENGKON BLOG NU DIPERCANTEN SALAWASNA NUMBUL SINARENG TIASA KAWENTAR KAKONCARA KAJAMPARING KA ANGIN-ANGIN... SELAMAT ANDA TELAH MEMASUKI KAWASAN BLOG BERMAKNA NAN JAYA SEPANGJANG MASA DI NEGARA REPUBLIK INDONESIA

Senin, 01 Oktober 2012

Latihan Soal PKn SMP Kls 9 Bab I (Bela Negara)





I.     Berilah tanda silang (X) huruf a, b, c, atau d di depan jawaban yang paling tepat!

01.  Pengertian upaya pembelaan negara, adalah
a.     pengetahuan warga negara yang dijiwai
kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam men­jamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
b.     pemahaman warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam men- jamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
c.     sikap dan hasrat warga negara yang dijiwai kecintaan kepada NKRI berdasarkan Pancasila dan UUD 1945 dalam men­jamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
d.     d. sikap dan perilaku warga neg­ara yang dijiwai kecintaan ke­pada NKRI berdasarkan Pan­casila dan UUD 1945 dalam menjamin kelangsungan hidup bangsa dan negara.
02.  Berikut ini merupakan alasan ten­tang pentingnya upaya pembelaan negara dilakukan oleh setiap war­ga negara Indonesia, kecuali .....
a.     untuk menjaga keutuhan wilayah negara.
b.     untuk mempertahankan nega­ra dari berbagai ancaman.
c.     merupakan hak sekaligus kewajiban setiap warga negara.
d.     merupakan kegiatan untuk memperoleh kehormatan dari negara.
03.  Fungsi negara yang terutama berkaitan langsung untuk mewu­judkan tujuan NKRI ”melindungi segenap bangsa Indonesia dan seluruh tumpah darah Indonesia”, adalah ....
a.     pertahanan.
b.     kebebasan.
c.     keadilan.
d.     kesejahteraan dan kemakmuran.
04.  Berikut ini merupakan dasar hukum kewajiban membela negara bagi setiap warga negara, kecuali .....
a.     Pasal 27 ayat (3) UUD 1945.
b.     Pasal 30 ayat (1) UUD 1945.
c.     UU RI No. 3 Tahun 2002.
d.     UU RI No. 20 Tahun 2003.
05.  Berikut ini, merupakan ancaman terhadap kehidupan bangsa dan negara yang pelakunya bukan negara (ancaman bersifat non tradisional), kecuali .....
a.     agresi militer.
b.     penyelundupan.
c.     penangkapan ikan secara ilegal.
d.     perdagangan narkotika dan obat terlarang.
06.  Bentuk penyelenggaraan keikut­sertaan warga negara dalam upaya pembelaan negara bagi para siswa terutama melalui .....
a.     Pendidikan Kewarganegaraan.
b.     Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.
c.     Pengabdian sebagai TNI secara sukarela atau wajib.
d.     Pengabdian sesuai dengan profesi.
07.  Para Nelayan dan Petani dengan menyediakan pangan nasional, para medis menjaga kesehatan masyarakat, Tim SAR dan PMI melakukan kegiatan dalam me-nanggulangi bencana alam dan kemanusiaan, yang mereka laku­kan merupakan upaya pembelaan negara melalui
a.     Pendidikan Kewarganegaraan.
b.     Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib.
c.     Pengabdian sebagai TNI secara sukarela atau wajib.
d.     Pengabdian sesuai dengan profesi.
08.  Berikut ini merupakan perbuatan yang nyata
dapat dilakukan para siswa dalam upaya pembelaan negara di lingkungan masing– masing, kecuali ...
a.      menjaga lingkungan rumah , sekolah
dan masyarakat agar tetap bersih dan
sehat.
b.      tidak menjadi pengguna nar­kotik dan obat terlarang serta melapor ke pihak guru atau aparat keamanan apabila me­lihat adanya penjualan atau pemakainya.
c.       membela teman satu sekolah yang diserang oleh sekolah lain dengan cara ikut perke­lahian sebagai wujud kese­tiakawanan.
d.      tidak menonton tayangan TV yang berupa sadisme, sronok, dan situs internet porno dan bacaan lain yang tidak ber­moral.
09.  Cinta bangsa (nasionalisme) yang merupakan perwujudan upaya pembelaan negara antara lain con­tohnya .....
a.     mengutamakan penggunaan barang –
barang produk dalam negeri karena
dapat menggerakan roda perekonomian
b.     lebih baik membeli barang luar negeri daripada membuat sendiri karena ongkosnya lebih mahal.
c.     menganggap derajat bangsan­ya yang paling unggul sedangkan derajat bangsa lain ren­dah.
d.     lebih baik mengasingkan diri dari bangsa lain daripada meniru – meniru bangsa lain.
10.  Organisasi keselamatan masyara­kat yang berfungsi untuk menang­gulangi bencana perang, bencana alam dan memperkecil akibat malapetaka yang menimbulkan kerugian jiwa dan harta adalah .....
a.     Linmas.
b.     Wanra.
c.     Kamra.
d.     Hansip.
11.  Hakikat dari bela negara adalah .....
a.      sikap taat dan patuh terhadap setiap peraturan perundang-undangan yang dibuat oleh negara.
b.      menolak semua bentuk intervensi asing.
c.       sikap cinta terhadap tanah air.
d.      membangga-banggakan suku bangsa sendiri.
12.  Bela negara diperlukan karena adanya .....
a.     ancaman terhadap negara.
b.     proses globalisasi yang melintasi batas-batas negara.
c.     pemanasan global.
d.     praktik KKN yang merajalela.
13.  Ancaman terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) .....
a.     hanya terjadi pada masa penjajahan.
b.     hanya terjadi di masa sekarang dan di masa penjajahan.
c.     bisa terjadi terus sampai kapanpun.
d.     Hanya terjadi pada masa sekarang.
14.  Salah satu peristiwa di masa lalu yang mengancam NKRI adalah .....
a.     adanya peristiwa G 30 S/PKI.
b.     adanya konferensi Asia – Afrika yang disponsori oleh Soekarno.
c.     Indonesia aktif dalam gerakan Non-Blok.
d.     adanya ketidak puasan masyarakat terhadap kinerja pemerintahan.
15.  Salah satu contoh kongkret ancaman terhadap NKRI dewasa ini adalah .....
a.     memudarnya semangat jingoisme di kalangan kaum muda.
b.     masuknya investasi asing.
c.     menjamurnya majalah-majalah asing.
d.     merajalelanya KKN.
16.  Di bawah ini adalah contoh kejahatan transnasional yang mengancam NKRI, kecuali ....
a.     penjarahan kekayaan alam oleh perusahaan – perusahaan transnasional.
b.     adanya aksi terorisme.
c.     munculnya media-media lokal yang sifatnya seronok.
d.     adanya serbuan budaya asing.
17.  Tujuan pertahanan negara adalah .....
a.     agar segenap warga negara selamat dari serbuan penjajah.
b.     agar NKRI tetap berdaulat, utuh, dan warga negaranya selamat dari segala bentuk ancaman.
c.     menunjukkan kepada dunia, bahwa NKRI adalah bangsa yang gagah perkasa dan tak terkalahkan.
d.     menunjukkan kebesaran NKRI.
18.  Di bawah ini adalah bentuk-bentuk ancaman terhadap NKRI, kecuali .....
a.     gizi buruk.
b.     kemiskinan.
c.     pertikaian antar warga dan antar golongan masyarakat.
d.     mengalirnya turis dari mancanegara.
19.  Serangan oleh kekuatan bersenjata negara lain terhadap wilayah suatu negara disebut .
a.     sabotase.
b.     teror.
c.     agresi.
d.     blokade.
20.  Berikut ini adalah 3 (tiga) komponen utama sistem pertahanan rakyat semesta, kecuali ..
a.     sumber daya nasional.
b.     Tentara Nasional Indonesia.
c.     sumber daya alam dan sumber daya alam buatan.
d.     Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
21.  Sistem pertahanan yang dianut bangsa Indonesia adalah .....
a.     pertahanan rakyat semesta.
b.     gerilya.
c.     intervensionis.
d.     agresi.
22.  Sistem pertahanan negara disiapkan untuk menghadapi .....
a.     ancaman militer.
b.     ancaman non militer.
c.     ancaman militer dan non militer.
d.     ancaman fisik dari negara lain.
23.  Spionase termasuk dalam kategori ancaman
a.     non militer.
b.     militer.
c.     non fisik
d.     militer dan non militer.
24.  Arti kata “spionase” adalah .....
a.     aksi memata-matai rahasia – rahasia  penting negara oleh kekukatan asing.
b.     tindakan militer oleh kekuatan asing berupa melumpuhkan obyek-obyek vital negara.
c.     tindakan sabotase terhadap rencana militer dalam negeri.
d.     kerja sama aktivitas mata-mata dengan kekuatan asing yang lebihn kuat.
25.  Proses menjadikan berbagai kegiatan sosial dalam masyarakat mengarah atau dirancang untuk mengarah ke suasana perang disebut
a.     jingoisme.
b.     militerisasi.
c.     martyrdom.
d.     militerisme.
26.  Dalam pasal 27 ayat (3) UUD 1945 hasil amandemen, tanggung jawab upaya pembelaan negara adalah tanggung jawab ..
a.     setiap penduduk setempat.
b.     setiap warga masyarakat.
c.     seluruh rakyat Indonesia.
d.     setiap warga negara.
27.  Berikut ini yang bukan merupakan upaya pembelaan negara secara positif, adalah .....
a.     menjalin persahabatan dengan semua orang.
b.     mendorong perseteruan dengan negara lain.
c.     menggunakan hasil produksi dalam negeri.
d.     turut serta dalam kegiatan – kegiatan sosial.
28.  Berdasarkan UUD 1945 pada pasal 30, usaha pembelaan negara merupakan .....
a.     hak dan kewajiban setiap warga negara.
b.     tanggung jawab setiap warga negara.
c.     hak dan kewajiban bagi setiap rakyat.
d.     kewajiban bagi setiap warga negara.
29.  Bangsa Indonesia hidup berdampingan dengan bangsa lain serta berpartisipasi dalam .....
a.     kehidupan yang damai dihayati.
b.     menciptakan perdamaian dunia.
c.     kehidupan perdamaian.
d.     perdamaian antar dunia.
30.  Pada prinsipnya tujuan pertahanan dan keamanan nasional, adalah .....
a.     menyusun kekuatan yang sebesar-besarnya dari rakyat.
b.     mewujudkan stabilitas nasional sehat dan dinamis.
c.     mewujudkan masyarakat yang adil dan makmur.
d.     menjaga keutuhan wilayah negara Indonesia.
31.  Kelangsungan hidup dan keselamatan hidup bangsa dan negara Indonesia, menjadi tanggung jawab .....
a.     pemerintah yang berdaulat.
b.     seluruh anggota TNI dan Polri.
c.     rakyat dan TNI – Polri.
d.     yang tinggal di Indonesia.
32.  Ancaman baik dari dalam maupun dari luar yang membahayakan wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia, dapat berbentuk .....
a.     invasi dan pemberontakan yang terjadi dimana – mana .
b.     para pemimpin yang mendapat tekanan dari luar negeri.
c.     akibat adanya demo yang besar-besaran dari masyarakat.
d.     masuknya pengaruh asing yang tidak sesuai dengan Pancasila.
33.  Sebagai warga negara Indonesia kita mendapat perlindungan dan jaminan hukum dari .....
a.     Pembukaan UUD 1945 alinea I
b.     Pembukaan UUD 1945 alinea II
c.     Pembukaan UUD 1945 alinea III
d.     Pembukaan UUD 1945 alinea IV
34.  Sistem pertahanan keamanan nasional guna menjamin agar usaha pembangunan nasional dapat berjalan lancar untuk .....
a.     tercapainya suasana yang terjamin keamanannya.
b.     terwujudnya masyarakat yang adil dan makmur.
c.     tercipta kehidupan yang harmonis, aman, dan damai.
d.     situasi yang benar-benar diharapkan oleh masyarakat.
35.  Dalam rangka usaha pembelaan negara khususnya yang berada di desa di bentuk ....
a.     keamanan desa.
b.     perlawanan desa.
c.     perlawanan rakyat.
d.     perlindungan masyarakat.
36.  Landasan hukum bagi setiap warga negara berhak dan wajib ikut serta dalam usaha pembelaan negara, adalah tercantuk dalam .
a.     UUD 1945 pasal 27 ayat 3.
b.     UUD 1945 pasal 28 ayat 2.
c.     UUD 1945 pasal 30 ayat 1.
d.     UUD 1945 pasal 30 ayat 2.
37.  Salah satu tanda seseorang menjunjung tinggi rasa patriotisme, adalah .....
a.     cinta tanah air dan bangsa.
b.     cinta dan bangga terhadap tanah air.
c.     cinta membela tanah air.
d.     rela berkorban demi bangsa dan negara.
38.  Komponen atau unsur utama dalam pertahanan dan keamanan negara adalah ...
a.     TNI, AD, AL, AU.
b.     TNI dan Polri.
c.     seluruh rakyat Indonesia.
d.     segenap warga negara Indonesia.
39.  Kewajiban bagi warga negara terhadap pembelaan negara adalah sebagai perwujudan dari .....
a.     cinta tanah air dan bangsa Indonesia.
b.     tanggung jawab pada bangsa dan negara.
c.     partisipasi warga negara pada bangsa dan negara.
d.     pelaksanaan hak dan kewajiban sebagai warga negara.
40.  Undang – undang yang mengatur tentang pertahanan negara adalah .....
a.     UU No. 2 Tahun 2002.
b.     UU No. 2 Tahun 2003.
c.     UU No. 3 Tahun 2002.
d.     UU No. 3 Tahun 2003.
41.  Wujud partisipasi bela negara di lingkungan keluarga adalah .....
a.     bekerja keras memenuhi keperluan hidup.
b.     membantu orang tua membersihkan lingkungan.
c.     mengatasi setiap masalah secara demokratis.
d.     saling memahami kepentingan keluarga.
42.  Jika negara diserang musuh, sikap yang terbaik adalah .....
a.     membelanya karena merupakan kewajiban.
b.     bersikap masa bodoh karena tanggung jawab TNI.
c.     menyelamatkan diri agar tidak membahayakan.
d.     memberitahukan kepada masyarakat agar membelanya.
43.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut ...
(1)  Bergaul dengan membedakan SARA
(2)  Menjaga keamanan lingkungan
(3)  Menggunakan produksi luar negeri
(4)  Menjaga nama baik sekolah
Dari pernyataan-pernyataan di atas, peran serta bela negara bagi peserta didik ditunjukkan nomor .....
a.     (1) dan (2).
b.     (1) dan (4).
c.     (2) dan (4).
d.     (3) dan (4).
44.  Perhatikan pernyataan-pernyataan berikut!
(1)  Pendidikan kewarganegaraan
(2)  Pengabdian sesuai profesi
(3)  Pelatihan dasar kemiliteran secara wajib
(4)  Meningkatkan kegiatan masyarakat
Dari pernyataan – pernyataan  di atas keikutsertaan masyarakat dalam bela negara dielenggarakan melalui nomor .....
a.     (1), (2), dan (3)
b.     (1), dan (2)
c.     (1), (2), dan (4)
d.     (2), (3), dan (4)
45.  Wujud partisipasi peserta didik dalam usaha bela negara di lingkungan sekolah adalah ....
a.     belajar dengan sekuat tenaga.
b.     menghormati guru yang aktif.
c.     membantu teman terdekat.
d.     mematuhi tata tertib sekolah.
46.  Perwujudan bela negara di lingkungan berbangsa dan bernegara adalah .....
a.     bersedia ditempatkan di daerah terpencil.
b.     mendaftarkan diri menjadi anggota TNI.
c.     rela berkorban agar menjadi pahlawan.
d.     membela negara jika diperlukan pemerintah.
47.  Contoh perwujudan bela negara di lingkungan masyarakat adalah .....
a.     membantu keluarga yang tidak mampu.
b.     melakukan pertemuan antar warga.
c.     ikut serta dalam siskamling.
d.     kerja keras untuk kebutuhan hidupnya.
48.  Arif melihat seorang teroris yang akan membahayakan keselamatan bangsa dan negara, yang seharusnya dilakukan Arif adalah .....
a.     membiarkannya karena takut diancam.
b.     melaporkan kepada pihak yang berwajib
c.     bersikap masa bodoh karena bukan urusannya.
d.     Segera menjauhi orang tersebut karena takut jadi saksi.
49.  Sikap patriotisme peserta didik dapat diwujudkan dengan .....
a.     menjaga nama baik sekolah.
b.     ikut tawuran untuk menjaga solidaritas.
c.     menghukum teman yang melanggar tata tertib sekolah dan janji pelajar.
d.     patuh terhadap nasihat teman.
50.  Tawuran pelajar yang terjadi merupakan perbuatan yang tidak sesuai dengan sikap ...
a.     cinta tanah air.
b.     bangga berbangsa dan bertanah air Indonesia.
c.     mengutamakan persatuan dan kesatuan.
d.     rela berkorban demi bangsa dan negara.

II.   Jawablah pertanyaan di bawah ini dengan tepat, singkat, dan jelas! 
      01.  Apa pengertian negara dan sebutkan unsur-unsur negara! 
      02.  Jelaskan fungsi negara! 
      03.  Jelaskan hakikat pembelaan terhadap negara! 
      04.  Jelaskan dan berikan contoh bentuk usaha pembelaan negara! 
      05.  Apa saja peran kita sebagai pelajar dalam usaha pembelaan negara!

Silakan unduh kunci jawabannya gan! Klik aja ~~> via 4shared Download

                                                                            ~~> via Mfire    Download




Reaksi:

5 komentar:

  1. MAS MINTA KUNCI JAWABANNYA!!

    BalasHapus
  2. Mksh atas kunjungannya gan,,';'

    BalasHapus
  3. kunci jawabannya ada gak?

    BalasHapus
  4. kunci jawabannya silakan klik saja
    'Download' yang tertera diatas!

    BalasHapus
  5. kunci jawabannya gak bisa dibuka ya pa?

    BalasHapus